Teater Sado Kuningan Kembali Cetak Sejarah, Sukses Gelar Workshop Keliling ke 77 Sekolah

- 19 Maret 2023, 17:13 WIB
Potret bersama trainer dan peserta di salah satu SMP di Kuningan
Potret bersama trainer dan peserta di salah satu SMP di Kuningan /Kabar Cirebon/Sumber foto: Tedi Iskandar/Teater Sado/

KABARCIREBON - Teater Sado Kuningan kembali mencetak sejarah. Komunitas teater yang didirikan Aan Sugianto Mas itu sukses menggelar workshop teater kepada 12.448 siswa dari 77 sekolah sasaran (SMP, MTs, SMA, SMK, MA). Sebuah data jumlah siswa dan sekolah yang fantastis.

Sekadar penawar lupa, catatan bersejarah sebelumnya dibukukan Teater Sado pada 2017. Waktu itu, kelompok teater yang bersaung di Jalan Otista Sawahwaru Kuningan itu membukukan 34 kali pentas dengan penonton yang selalu membeludak setiap pentasnya.

Lakon yang dipentaskan saat itu adalah produksi latihan ketujuh, “BAROK (Tidak Bodoh, Tapi Tidak Tahu, Sebab Tidak Pernah)”. Lakon karya/sutradara Aan Sugianto Mas itu dipentaskan pada 19 Maret sampai 9 April 2017 di GK Raksawacana Kuningan.

Baca Juga: Jelang Ramadan 2023, Alumnus Husnul Khotimah Kuningan Angkatan 6 Gelar Love Language, Ini Tujuannya

Catatan sejarah untuk workshop teater keliling ini selain jumlah peserta dan sekolahnya yang fantastis, juga lamanya hari kegiatan. Terhitung ada 35 hari kegiatan, dari 6 Februari sampai 18 Maret 2023.

Selama 35 hari itu, Tim Workshop Teater Sado yang berkekuatan 47 personel, sebagian besar mahasiswa, menyambangi sekolah-sekolah sasaran.

Mereka, bersama guru Bahasa Indonesia dan Seni Budaya di sekolah setempat, memberikan informasi dan edukasi ihwal seni teater, serta praktik langsung akting dan tata rias karakter.

Baca Juga: Program Indonesia Pintar Kemendikbud 2023, Begini Cara Pendaftarannya, dan Bisa Langsung Cair Rp1 Juta

Koordinator lapangan workshop, Tedi Iskandar, mengungkapkan bahwa untuk memfasilitasi workshop teater di sekolah-sekolah ini pihaknya menerjunkan trainer-trainer muda yang telah digembleng dalam training of trainer (ToT) pada bulan Desember tahun lalu.

Halaman:

Editor: Muhammad Alif Santosa

Sumber: liputan


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x