BMKG: Imbau Masyarakat Waspada Terhadap Terjadinya Potensi Bencana Hidrometeorologis

- 15 April 2024, 16:17 WIB
Ilustrasi BMKG beri peringatan dini berkenaan dengan potensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di sejumlah wilayah provinsi di Indonesia 
Ilustrasi BMKG beri peringatan dini berkenaan dengan potensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di sejumlah wilayah provinsi di Indonesia  /Pixabay/ j_lloa/

KABARCIREBON - Dalam sepekan ke depan, BMKG Jawa Barat merelease prakiraan kondisi global, regional, lokal, model cuaca deterministik dan probabilistik, diprakirakan potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih berpotensi terjadi di sebagian wilayah Jawa Barat.

Terdapat beberapa faktor yang berpengaruh terhadap pembentukan awan dan atau terjadinya hujan di sebagian wilayah Jawa Barat, diantaranya suhu muka laut di sekitar perairan Indonesia relatif hangat.

Menurut keterangan Kepala Stasiun Klimatologi Jawa Barat Rakhmat Prasetia dan Forecaster Stasiun Koordinator NDF dan MEWS Provinsi Jawa Barat Leni Jantika H, gelombang Atmosfer tipe Equatorial Rossby diprakirakan kembali aktif di wilayah Jawa Barat pada akhir pekan.

Baca Juga: Ini 20 Alamat Warung Sate yang Terkenal di Polewali Mandar, Ada Pilihan Sate Nike Ardilla dan Sate Cak Rizky

Sirkulasi siklonik terpantau di Samudra Hindia sebelah barat Sumatra dan di sekitar Selat Karimata sebelah barat Kalimantan, kondisi tersebut menyebabkan terbentuknya daerah belokan angin (shearline) di Laut Jawa sebelah utara Jawa Barat.

Labilitas atmosfer secara umum sangat bervariasi yakni pada kategori labil ringan hingga kuat.

“Berdasarkan prakiraan kondisi global, regional, lokal, model cuaca deterministik dan probabilistik, diprakirakan potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih berpotensi terjadi di sebagian wilayah Jawa Barat," ungkap Rakhmat Prasetia.

Baca Juga: Jalan Rusak Cirebon Timur Dikeluhkan Pemudik, Ini Risiko Sepeda Motor yang Nekat Terjang Jalan Berlubang

Potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat/sangat lebat disertai kilat/petir dan angin kencang yang dapat terjadi pada skala lokal dan durasi singkat terdapat di sebagian wilayah di kabupaten/kota di Jawa Barat.

BMKG merekomendasi kepada masyarakat dan instansi terkait agar waspada terhadap terjadinya potensi bencana hidrometeorologis (dampak cuaca esktrem) seperti hujan lebat hingga sangat lebat dalam skala lokal, angin puting beliung, dan hujan es yang dapat mengakibatkan dampak seperti banjir, tanah longsor, pohon tumbang, serta dampak kerusakan lainnya.

Halaman:

Editor: Epih Pahlapi

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah