Peringati Hari Kartini, Ratusan Siswa Majalengka Gelar Karnaval dengan Kenakan Pakaian Adat Nusantara

- 21 April 2024, 19:10 WIB
Ratusan murid Sekolah Dasar  Negeri Majalengka Kulon 2, Kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka tengah melakukan karnaval dengan mengenakan pakaian adat nusantara. Mereka berjalan memgelilingi gedung sekolahnya melintasi dekan kantor Dinas Pendidikan, Gedung DPRD dan Jl Kehutanan serta kembali ke
Ratusan murid Sekolah Dasar Negeri Majalengka Kulon 2, Kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka tengah melakukan karnaval dengan mengenakan pakaian adat nusantara. Mereka berjalan memgelilingi gedung sekolahnya melintasi dekan kantor Dinas Pendidikan, Gedung DPRD dan Jl Kehutanan serta kembali ke /Foto/Tati/KC/

KABARCIREBON - Peringati hari Kartini, ratusan siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Majalengka Kulon 2, Kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka menggelar karnaval dengan mengenakan pakaian adat Nusantara.

Diantara murid ada yang mengenakan pakaian adat sunda, jawa, betawi, bali, madura dan sejumlah pakaian adat lainnya. Sedangkan anak laki laki ada yang mengenakan baju koko, kampret hitam lenkap dengan iketnya, ada juga yang mengenakan jas.

Para murid disertai guru sekolahnya berjalan dari halaman sekolah melintasi Gedung Kantor Dinas Pendidikan – Jl Abdu Halim – Depan gedung DPRD berbelok ke arah kiri Jl Kehutanan dan kembali ke sekolah.

Baca Juga: Gelar Halal Bihalal, Komunitas Pecinta Satwa Majalengka Edukasi Bahayanya Digigit Ular Berbisa, Anjing-Kucing

Anisa dan Mahesa yang menjadi peserta karnaval mengatakan, keikutsertaanya menggunakan pakaian adat nusantara untuk mengikuti jejak Kartini yang dikenal sebagai pelopor dan pejuang emansipasi serta kini dikenal sebagai pahlawan nasional.

Mereka mengaku ingin meneladani sosok Kartini, belajar dengan baik, sekolah yang tinggi dan mencintai negara serta menjadi teladan bagi warga lain.

“Ibu Kartini kan pahlawan nasional, prilakunya harus ditiru dengan cara belajar yang rajin, disiplin agar menjadi seorang Kartini,” ungkap Anisa.

Baca Juga: Ini Alasan Nuruzzaman Pilih PDI Perjuangan Daftar Bakal Calon Bupati Setelah Dapat Perintah Kiai

Sementara itu salah seorang guru pembimbing Wiwin Winarwi mengungkapkan, dalam memperingati Hari Kartini semua anak disarankan untuk mengenakan baju adat nusantara. Ini mengenalkan para murid akan keberagaman pakaian, bahasa dan adat.

Ini juga sebagai cerminan sosok Kartini yang mencintai negaranya, memperjuangan kemajuan negara dan kaum perempuan yang harus sejajar dengan laki – laki dan semua warga di dunia.

Halaman:

Editor: Epih Pahlapi

Sumber: liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah