Jemaah Haji ke Tanah Suci Pertamina Melayani Sepenuh Hati

- 15 Mei 2024, 23:44 WIB
Aktivitas pengisian Avtur yang dilakukan PT Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Barat di BIJB Kertajati Kabupaten Majalengka
Aktivitas pengisian Avtur yang dilakukan PT Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Barat di BIJB Kertajati Kabupaten Majalengka /Istimewa/

KABARCIREBON-Dibawah terik matahari, nampak deretan pesawat terparkir rapi di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Pesawat berukuran raksasa itu tengah menunggu antrian. Truk pengangkut avtur Pertamina pun merapat dan berhenti tepat di samping sayap pesawat.

Terlihat petugas pengisi avtur mengenakan seragam khusus, dilengkapi alat keselamatan yang lengkap. Dengan cekatan ia bergerak mendekati pesawat. Selang besar pun digunakannya untuk menyalurkan avtur.

Ia lakukan dengan penuh kehati-hatian dan sikap profesionalisme. Saluran itu pun akhirnya terhubung ke tangki bahan bakar pesawat.Setelah sekian lama, akhirnya selang pun dilepaskan.

Dan penutup tangki pesawat kembali dipasang dengan rapat dan aman. Truk pengangkut avtur pun, mulai perlahan bergeser ke tempat lain, siap melayani bahan bakar pesawat berikutnya.

Itulah sekilas gambaran suasana pengisian BBM pesawat, yang akan mengangkut ratusan jemaah haji tahun 2024 di BIJB Kertajati, yang berlokasi di Kabupaten Majalengka. PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat sendiri, berkomitmen penuh dalam mendukung kebutuhan avtur untuk penerbangan ibadah haji di BIJB Kertajati Kabupaten Majalengka.

Baca Juga: Rekomendasi 2 Wisata Curug yang Masih Perawan di Majalengka: Rasakan Sensasi Alam dari Dua Mata Air Terjun

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan, menyatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan avtur sebanyak 4.204 kiloliter (KL) untuk tahun ini, yang meningkat sebesar 234 persen dibandingkan tahun 2023 lalu.

"Untuk BIJB Kertajati, kami perkirakan kebutuhan avtur akan meningkat signifikan. Kami sangat siap memenuhi kebutuhan ini, dan menjamin persediaan avtur yang cukup dalam mendukung penerbangan haji tahun 2024," kata Eko.

Eko menjelaskan, Pertamina sendiri memastikan bahwa persiapan dan ketersediaan avtur di seluruh Aviation Fuel Terminal di wilayah Regional Jawa Bagian Barat sudah optimal. Hal ini sebagai komitmennya dalam menyukseskan pelaksanaan haji tahun ini.

"Ketahanan stok nasional Avtur saat ini di atas 22 hari dan akan terus dijaga di atas level tersebut. Jadi, stok untuk 13 AFT bandara embarkasi dijamin aman,"tegasnya.

"Kalau untuk suplai avtur untuk Bandara Soekarno-Hatta sendiri naik sebesar 26 persen, hingga mencapai 5.548 KL,"tutupnya.

Baca Juga: Pilkada Majalengka 2024 : Dosen Pascasarjana Unma Serahkan Formulir Bakal Calon Bupati Majalengka ke PKB 

Sementara itu, PT Pertamina Patra Niaga menjamin ketersediaan Avtur bahan bakar penerbangan untuk melayani kebutuhan aman terkendali. Baik itu untuk ibadah haji saat pemberangkatan (embarkasi) yang berlangsung pada 12 Mei-10 Juni 2024.
Ataupun saat kedatangan (Debarkasi) pada 22 Juni - 22 Juli 2024.

Direktur Pemasaran Pusat & Niaga Pertamina Patra Niaga, Maya Kusmaya menjelaskan, tahun 2024 ini diproyeksikan ada 241 ribu lebih Jemaah Haji Indonesia akan berangkat melalui 13 bandara haji di seluruh Indonesia. Jumlah ini meningkat dari 221 ribu Jemaah Haji pada tahun 2023.

Bahkan pihak Pertamina pun akan melakukan beberapa antisipasi dalam mensukseskan penyelenggaran ibadah haji tahun ini. Pertama, menyiapkan stok Avtur yang cukup di seluruh Aviation Fuel Terminal (AFT) embarkasi Haji.

Selain itu pula, untuk pengisian pesawat haji juga akan dijadikan skala prioritas. Terutama layanan komunikasi dengan maskapai dan bandara dibuka 24 jam. Hal itu demi kelancaran perjalanan ibadah haji.

Baca Juga: Kurikulum Merdeka, Mengoptimalkan Pendidikan Melalui Praktik Baik dan Inovasi Teknologi

"Ya, kalau kami proyeksikan pada  tahun 2024 ini Pertamina Patra Niaga akan menyalurkan Avtur untuk perjalanan Haji, mencapai 100.000 kiloliter (KL), atau meningkat sekitar 5% dari penyaluran Avtur pada musim Haji 2023,"kata Maya.

Penyaluran Avtur untuk penerbangan haji sendiri akan fokus di 13 AFT bandara embarkasi haji. Mulai dari Aceh (Bandara Iskandar Muda), Medan (Bandara Kualanamu), Padang (Bandara Minangkabau), Batam (Bandara Hang Nadim), Palembang (Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II), Jakarta (Bandara Soekarno Hatta).

Solo (Bandara Adi Sumarmo), Surabaya (Bandara Juanda), Banjarmasin (Bandara Syamsudin Noor), Balikpapan (Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan), Makassar (Bandara Sultan Hasanuddin), Lombok (Bandara Lombok) dan Majalengka (Bandara Kertajati) akan dijaga selalu dalam level aman.

Halaman:

Editor: Jejep Falahul Alam

Sumber: liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah