Hayu Nonton Pertandingan O2SN Kuningan Tingkat SD dan SMP, Catat Jadwal dan Tempatnya

- 27 Mei 2024, 06:00 WIB
Disdikbud Kuningan akan menggelar O2SN SD dan SMP serta Voli Kadisdikbud Cup 3 secara serentak  dari tanggal 28-30 Mei 2024.
Disdikbud Kuningan akan menggelar O2SN SD dan SMP serta Voli Kadisdikbud Cup 3 secara serentak dari tanggal 28-30 Mei 2024. /Iyan Irwandi/KC/

KABARCIREBON - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) akan menyelenggarakan kegiatan kejuaraan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kabupaten Kuningan tahun 2004. Namun waktu dan pelaksanaannya disatuan antara jenjang pelajar sekolah dasar (SD) dengan jenjang sekolah menengah pertama (SMP). Plus kejuaraan voli Kadisdikbud Cup III.

Kepala Bidang Pembinaan SD Disdikbud Kabupaten Kuningan, Rizal Arif Gunawan, menyebutkan, O2SN merupakan program lomba olahraga berjenjang yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ristek dan Teknokogi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI).

Dalam pelaksanaan prosesnya, tidak bisa sembarangan melainkan harus melalui tahapan seleksi di internal sekolah, kecamatan sampai kabupaten. Bagi yang menjadi juara, mereka bakal melaju ke even serupa di tingkat provinsi dan nasional sehingga moment tersebut harus dimanfaatkan oleh para siswa dan tiap sekolah.

Baca Juga: Mengenal Sosok Calon Bupati Kuningan dari PKB, Ada 5 Pondasi Perubahan yang Bakal Digarap

Untuk tingkat Kabupaten Kuningan, O2SN SD dan SMP akan mempertandingkan lima cabang olahraga (Cabor). Yakni Cabor Atletik Kid (putra 31 peserta & putri 31 peserta) bertempat di jalur lintasan Stadion Mashud Wisnusaputra atau sebelah timur Kampus SMAN 3 Kuningan.

Cabor Renang (putra 11 peserta & putri 8 peserta) dipusatkan di Kolam Renang Sanggar Riang atau sebelah timur Toko Master (toko perlengkapan olahraga), Cabor Bulutangkis (putra 9 peserta & putri 5 peserta) di GOR Anrimusthi Kelurahan Purwawinangun Kuningan atau tidak jauh dari Makam Gede Cipicung.

Cabor Pencak Silat (putra 8 peserta & putri 8 peserta khusus nomor kelas kategori Jurus Tunggal) di Kampus SMPN 1 Kuningan atau sebelah barat KCF, Cabor Karate (putra 12 peserta & putri 12 peserta) di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kelurahan Sukamulya Kecamatan Cigugur atau belakang Kampus SMKN 2 Kuningan. Serta ditambah Cabor Bola Voli (putra 20 tim & putri 13 tim) di Kampus Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah.

Baca Juga: Band Armada akan Mengguncang HUT ke-45 SMK Pertiwi Kuningan, Gratiskah?

Sedangkan yang menjadi pelaksanaan dalam kegiatan tersebut adalah Bidang Pembinaan SD dan Bidang Pembinaan SMP Disdikbud Kabupaten Kuningan. Serta Guru Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (Penjasorkes) yang tergabung dalam wadah Kelompok Kerja Guru Olahraga (KKGO) Kabupaten Kuningan.

Halaman:

Editor: Iyan Irwandi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah