Ini Daftar Kecamatan di Kabupaten Majalengka dengan Ribuan Hektare Areal Sawah Kekeringan

- 27 Mei 2024, 16:38 WIB
Ilustrasi - Kekeringan di Kabupaten Majalengka.
Ilustrasi - Kekeringan di Kabupaten Majalengka. /Kabar Cirebon/Pixabay

KABARCIREBON - Ribuan hetare areal sawah di 15 kecamatan Kabupaten Majalengka terancam kekeringan. Ratusan hektare di antaranya sudah kering kategori sedang dan ringan.

Jika tidak terjadi hujan dengan dengan intensitas yang cukup diperkirakan kekeringan akan masuk kategori berat dan kemungkinan alami puso.

Bantuan Pompa Air dari Pemerintah

Aeral sawah yang teraliri saluran irigasi pada MT II diperkirakan hanya sekitar 15 persenan dari luas areal sawah yang ditanami. Bantuan pompa air dari pemerintah hanya bisa mengairi areal sawah yang berdekatan dengan sumber air.

Baca Juga: Ini Kucing Hitam yang Paling Nekat, Memasuki Kandang Macan, Singa, Buaya, Beruang, dan Ular tapi Selamat

Areal sawah yang terancam kekeringan tersebut di antaranya berada di Kecamatan Jatiwangi, Lemahsugih, Bantarujeg, Kertajati, Palasah, Jatitujuh, Ligung, Sumberjaya dan sejumlah wilayah lainnya.

Beberapa areal sawah, kondisi permukaan tanahnya mulai retak – retak akibat tidak adanya air, retakan sudah mencapai sekitar 2 cm dengan kedalaman sekitar 1,5 cm. Tanaman padi yang baru berusia dua minggu mulai menguning.

Menurut keterangan sejumlah petani, areal sawah yang alami kekeringan usia tanaman baru sekitar 3 minggu bahkan ada yang baru dua mingguan.

Baca Juga: Di Balik Alasan Orang Pilih Aqua Terungkap Program Penarikan Botol Plastik yang Diekspor ke Taiwan

Hal ini akibat pada musim tanam pertama terlambat tanam akibat musim hujan yang juga mundur. “Sawahna garing, taneuhna tarelaan. Kuduna di gemuk ge garing kieu mah moal bener (Sawahnya kering, tanahnya retak. Harusnya tanaman di pupuk namun karena kondisi tanahnya kering, hasilnya tidak akan baik),” ungkap Audina salah seorang petani di Palasah.

Sumur Pantek Menyusut

Menurut Warto petani lainnya, sumur pantek yang ada airnya mulai menyusut, sehingga tidak akan mampu mengairi areal sawah yang ada.

Halaman:

Editor: Muhammad Alif Santosa

Sumber: liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah