Jelang Iduladha, Puluhan Juleha Dapat Pelatihan dari Distan Cirebon  

- 28 Mei 2024, 20:35 WIB
Masjid Besar An Nuur menerima hewan kurban untuk penyelenggaraan Idul Adha 1445 H, dan menyalurkan daging kurban kepada masyarakat
Masjid Besar An Nuur menerima hewan kurban untuk penyelenggaraan Idul Adha 1445 H, dan menyalurkan daging kurban kepada masyarakat /DeskJabar.pikiran-rakyat.com/Agus Sopyan/

 

KABARCIREBON-  Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Cirebon akan melakukan pelatihan untuk juru sembelih halal (Juleha) atau jagal menjelang Hari Raya Iduladha. Pelatihan ini akan melibatkan sejumlah anggota DKM di Kabupaten Cirebon. 

Sekretaris Distan Kabupaten Cirebon Nanang Ruhyana melalui Subkor Produksi Hewan Ternak, Herman Saeful Bahri mengungkapkan, pelatihan untuk Juleha ini dilakukan setiap tahun, saat menjelang Hari Raya Iduladha.

 Baca Juga: Kembangkan Pemasaran, Pelaku UMKM di Cirebon Dibekali Ilmu Digitalisasi  

Dalam pelatihan tersebut,  para calon Juleha akan diberikan pengetahuan dan latihan teknis tata cara memperlakukan hewan kurban, mulai dari cara memotong hewan kurban, dan juga kriteria hewan yang layak untuk kurban. 

Karena hewan yang biasanya untuk kurban  seperti kambing, domba, dan sapi juga harus dicek kondisi fisiknya dan dipastikan dalam kondisi sehat. Agar layak dikonsumsi oleh masyarakat.

Tidak hanya itu, melalui para Juleha ini, Distan Kabupaten Cirebon akan memantau kondisi kurban yang sudah disembelih, layak tidaknya dikonsumsi oleh masyarakat. 

 Baca Juga: Oscar Si Kucing Peramal, Anabul Itu Bisa Mengetahui dengan Tepat 100 Orang Penghuni Panti Jompo Akan Meninggal

"Kami juga memberitahukan ternak yang layak menjadi hewan kurban. Termasuk hewan yang punya penyakit atau mengalami  kerusakan organ tubuh. Kalau ada cacing di hati hewan kurban, itu tidak bisa dikonsumsi," tuturnya.

Halaman:

Editor: Iwan Junaedi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah