Terapkan Pelayanan Green Service, Warga Bayar Pembuatan SIM dari Sampah

- 11 Juni 2024, 18:55 WIB
KAPOLRESTA Cirebon, Kombes Pol Sumarni, Pj Bupati Cirebon, Wahyu Mijaya dan unsur forkopimda melakukan pengecekan pelayanan Green Service Polresta Cirebon di Gedung Satpas, Selasa (11/6/2024).*
KAPOLRESTA Cirebon, Kombes Pol Sumarni, Pj Bupati Cirebon, Wahyu Mijaya dan unsur forkopimda melakukan pengecekan pelayanan Green Service Polresta Cirebon di Gedung Satpas, Selasa (11/6/2024).* /Kabar Cirebon/ Humas Polresta Cirebon/

KABARCIREBON- Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Cirebon melakukan pengecekan pelayanan Green Service Polresta Cirebon di Gedung Satpas, Selasa (11/6/2024).

Pengecekan tersebut langsung dilaksanakan oleh Kapolresta Cirebon, KPELAYANAN SIMombes Pol Sumarni, didampingi Pj Bupati Cirebon Wahyu Mijaya dan dihadiri ketua DPRD, Kajari, PN, Dandim 0620/Kabupaten  Cirebon dan lainnya.

 Baca Juga: Jelang Hari Raya Iduladha, Pj Bupati Cirebon Pastikan Hewan Kurban Semuanya Sehat

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Sumarni, mengungkapkan, dalam layanan Green Service tersebut masyarakat dapat membayar biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dalam pembuatan SIM dan SKCK menggunakan sampah plastik. Selain itu, masyarakat mendapatkan layanan prioritas tanpa mengantre dan lainnya.

"Tetapi bukan membawa sampah plastiknya secara langsung, melainkan menabung sampah plastik ke bank sampah yang terdapat di seluruh wilayah Kabupaten Cirebon. Hasil tabungannya yang digunakan untuk pembayaran PNBP pembuatan SIM dan SKCK di Satpas Polresta Cirebon," katanya.

Menurutnya, jika saldo bank sampah telah mencukupi untuk membayar PNBP pembuatan SIM maupun SKCK, maka petugas bank sampah akan memberitahu Polresta Cirebon dan menghubungi nasabah untuk waktu kedatangannya ke Satpas Polresta Cirebon.

 Baca Juga: Ini 20 Alamat Batagor yang Mantul di Kota Metro, Batagor Kang Bahar dan Batagor Mank Irenk Memang Maknyos             

Ia menyampaikan, nasabah bank sampah tersebut akan mendapatkan layanan prioritas di Satpas Polresta Cirebon. Sehingga mereka bakal mendapatkan banyak keuntungan dalam layanan yang diinginkannya dari mulai tempat duduk prioritas, tanpa antre dan dipastikan lebih cepat.

"Kalau hari ini sampah plastiknya baru dapat empat kilogram atau satu kilogram sekalipun tidak ada masalah, yang terpenting terus-menerus menabung di bank sampah sampai dengan saldonya mencukupi untuk pembayaran PNBP dalam pembuatan SIM maupun SKCK," ujarnya.

Halaman:

Editor: Iwan Junaedi

Sumber: Humas Polresta Cirebon


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah