Lebih dari 4.000 Pengurus RT/RW di Cirebon Sumaringah Mendapat Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

- 25 Januari 2023, 20:41 WIB
SOSIALISASI Jaminan Sosial  Ketenagakerjaan Bagi Para Pengurus RT/RW
SOSIALISASI Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Bagi Para Pengurus RT/RW /Foto/Epih/KC/

KABARCIREBON - Lebih dari 4.000 orang pengurus terdiri dari RT/ RW yang masuk dalam Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan (LKK) di Kota Cirebon pada tahun 2023 dipastikan mendapatkan program perlindungan jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan.

Hal ini tertuang dalam nota kesepakatan antara BPJS Ketenagakerjaan Cirebon dan Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon terkait dengan optimalisasi penyelenggaraan program jaminan sosial ketenagakerjaan di lingkungan pemerintahan terkait.

Bagi LKK RT/RW, Pemda Kota Cirebon di 2023 menganggarkan iuran BPJS Ketenagakerjaan untuk program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Baca Juga: Kapolresta Cirebon: Awali Tahun Politik dengan Senyuman, Kondusivitas Harus Tetap Terjaga

"Apresiasi pada Pemerintah Kota Cirebon telah menganggarkan keuangan daerahnya untuk melindungi diri, bagi para pengurus RT/RWnya," ungkap Angota Komisi III DPRD Kota Cirebon Fitrah Malik saat menghadiri pendataan dan pembahasan lanjutan perlindungan jaminan sosial bagi LKK RT/RW di salah satu hotel di Kota Cirebon, Rabu (25/1/2023).

Fitrah mengatakan, dengan terdaftar pada program jaminan sosial ketenagakerjaan, selain akan mendapatkan banyak manfaat, juga dari seluruh resiko peserta menjadi tanggungan BPJS Ketenagakerjaan.

"Tidak akan ada ruginya. Bahkan, bila ada dari salah seorang pengurus RT/RW didaftarkan pada hari ini, maka seluruh resikonya itu bisa lansung tercover BPJS Ketenagakerjaan," ujar Fitrah Malik.

Baca Juga: GP Ansor Rapikan Tata Kelola Administrasi PAC

Asisten II Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemda Kota Cirebon Sutisna menyatakan, pada 2023 Pemda Kota Cirebon sudah mengalokasikan anggaran APBD untuk membayar iuran BPJS Ketenagakerjaa, bagi para pengurus RT/RW.

"Meski jumlahnya sudah dianggarkan di APBD 2023, kita masih perlu melakukan rekap data nama dan Niknya yang sama saat bersangkutan masih menjadi pengurus RT/RW," terang Sutisna.

Halaman:

Editor: Epih Pahlapi


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x