Kesengsem Rujak Gamel Khas Cirebon, Meski berada di Dekat Pemakaman: Rasanya Nikmat Dijamin Bikin Ketagihan

- 21 Mei 2024, 08:00 WIB
Rujak Gamel
Rujak Gamel /Fanny Kabar Cirebon /

KABARCIREBON - Cirebon tidak hanya kaya akan wisata religi, juga dikenal dengan wisata kulinernya. Di Cirebon terdapat beragam kuliner yang bisa kalian coba, salah satunya adalah Rujak Gamel, disamping kuliner khas seperti empal gentong, nasi jamblang, nasi lengko, serta makanan khas lainnya.

Karena itu, berkunjung ke Cirebon tidak lengkap rasanya jika belum mencicip Rujak Gamel.

Makanan Khas Cirebon

Makanan Khas Cirebon
Makanan Khas Cirebon
Rujak Gamel adalah makanan khas Cirebon, asal kata Rujak Gamel berasal dari nama Desa yang terletak di Daerah Plered Kabupaten Cirebon. Kuliner ini, menjadi incaran dan akan selalu membuat penasaran warga dan wisatawan yang berkunjung ke Cirebon.

Baca Juga: Rekomendasi 3 Keajaiban Wisata Air Terjun Bali: Keunikan Satu Kawasan Waterfall dapat Memancarkan 7 Air Terjun

Sangat terkenal akan rasanya yang enak, pedas dan bikin lidah ketagihan jika satu kali mencicipi maka biasanya akan mencoba lagi.

Pasalnya, makanan khas ini memiliki ciri khas tersendiri, terlebih bumbu-bumbunya yang digunakan, salah satunya dari tekstur terasi Cirebon yang sangat terkenal.

Pada umumnya rujak menggunakan bahan-bahan berupa buah  buahan. Akan tetapi, Rujak Gamel menggunakan sejumlah bahan sayuran, seperti rebusan kangkung, kol, mie, dan mentimun.

Baca Juga: HTM Rp20 Ribu, Ini Ide Wisata Curug di Bali Selain ke Pantai yang Menjadi Primadonanya Wisatawan

Rujak gamel biasanya disajikan bersama tahu, gorengan, tempe, bakwan dan kerupuk teles (kerupuk basah) yang bertekstur kenyal lembut bikin lidah bergoyang

Karena rasa pedas dan nikmat, ditambah air petis (Banyu Pindang) yang terbuat dari air ikan pindang yang menambah sedap citarasa kuliner ini.

Halaman:

Editor: Epih Pahlapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah