Pesona Kiswah Ka'bah, Kini Bisa Dilihat di Graha Begawan Nusantara Jakarta Selatan: Aprsiasi dari Buya Yahya

- 16 Mei 2024, 18:53 WIB
Arie Triyono Memperlihatkan Kaligrafi Kiswah pada RK
Arie Triyono Memperlihatkan Kaligrafi Kiswah pada RK /Foto/Ist/KC/

KABARCIREBON - Sebaga salah satu simbol religius dari tanah suci Mekah kini dikabarkan telah berada di Jakarta. Benda kain hitam penutup Ka'bah di Masjidil Haram atau biasa disebut Kiswah, sekarang dapat ditemui di Graha Begawan Nusantara, Jakarta Selatan (Jaksel).

Sebagaimana diketahui, kain penutup Ka'bah ini diganti dalam setiap tahunnya. Kain berwarna hitam yang lama dilepas untuk selanjutnya diganti dengan yang baru.

Dari Arab Saudi

Ilustrasi - Arab Saudi
Ilustrasi - Arab Saudi Usplash.com/Alswedi07
Salah satu Kiswah tersebut diperoleh pendiri Graha Begawan Nusantara, Arie Triyono dari Arab Sudi pada pertengahan Maret 2024.

Baca Juga: Gegara Kehilangan Kucing Jenis Spinx, Juara Wimbledon Ini Sedih, Dia Mengaku Tak Bisa Terpisahkan dari Frankie

Kiswah ini kemudian terpasang dengan begitu megahnya di dalam ruangan berdinding kaca. Keagungan kiswah ini diapresiasi arsistek Ridwan Kamil dan ulama kharismatik yang juga pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Bahjah, Buya Yahya.

Dari keduanya telah diundang khusus ke Graha Begawan Nusantara, usai sholat berjamaah di depan kiswah, Ridwan Kamil dan Buya Yahya dipandu Arie untuk melihat-lihat kiwsah dari dekat.

Buya Yahya mengatakan, kiswah tidak hanya lebih dari sekedar penutup untuk bangunan fisik, akan tetapi melambangkan kesucian dan keagungan Ka'bah.

Baca Juga: Hari Ini Kadisdik Jawa Barat, Wahyu Mijaya Dilantik Jadi Pj Bupati Cirebon   

"Dengan jahitan emas menjadi perwujudan dari keindahan seni Islam," kata Buya Yahya.

Ridwan Kamil menambahkan pandangannya sebagai seorang arsitek.

Halaman:

Editor: Epih Pahlapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah