Syarat Rekomendasi Pimpinan KPU Kabupaten Cirebon Bagi Mantan PPK Disoal

- 21 April 2024, 14:28 WIB
Gedung KPU Kabupaten Cirebon.*
Gedung KPU Kabupaten Cirebon.* /Kabar Cirebon/Foto Ismail/

KABARCIREBON - Isu kontroversial mencuat menjelang proses rekrutmen badan adhoc. Sebab pernyataan tegas Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon, Esya Kurnia Puspawati, mengenai persyaratan bagi mantan PPK memicu sorotan tajam.

Sebuah suara lantang dari seorang mantan Ketua PPK Pemilu 2024, yang memilih untuk tidak disebutkan namanya, mengungkapkan kekecewaannya terhadap pernyataan Esya. Menurutnya, klaim bahwa rekomendasi pimpinan KPU adalah keharusan bagi mantan PPK tidak memiliki dasar hukum yang kuat.

"Pernyataan Ketua KPU Kabupaten Cirebon mengenai kewajiban rekomendasi bagi mantan PPK adalah tanpa dasar," ungkapnya dengan tegas, mempertanyakan keabsahan kebijakan tersebut, Minggu 21 April 2024.

Baca Juga: IKA PMII Cirebon Gelar Halalbihalal, Ribuan Alumni Bakal Hadir

Lebih lanjut, ia merinci bahwa Surat Keputusan (SK) KPU Nomor 476 tahun 2024 yang mengatur proses pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan dan Panitia Pemungutan Suara tidak mencantumkan persyaratan mengenai rekomendasi tersebut.

"Ini berpotensi menciptakan penilaian subjektif dan bias dalam proses seleksi yang akan datang," katanya, mengkritisi kemungkinan terjadinya perlakuan tidak adil dalam perekrutan.

Ia pun mempertanyakan legitimasi rekomendasi yang dimaksud, terutama mengingat Ketua KPU saat ini baru saja menjabat dan mungkin tidak memiliki pemahaman mendalam tentang kinerja mantan PPK Pemilu sebelumnya.

Baca Juga: Dapat Perintah Kiai NU, Sosok Ini Akhirnya Resmi Daftar Bakal Calon Bupati Cirebon ke PDI Perjuangan

"Kami sangat kecewa dengan kebijakan ini. Mungkin ketua KPU kurang ngopi di saat membaca SK KPU Nomor 476 tahun 2024," ujarnya.

Tidak hanya itu, mantan Ketua PPK Pemilu 2024 lainnya yang juga memilih untuk anonimitas, menduga bahwa persyaratan rekomendasi dari pimpinan KPU hanyalah upaya untuk menghambat partisipasi mantan PPK dalam rekrutmen badan adhoc.

Halaman:

Editor: Muhammad Alif Santosa

Sumber: liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah