Ini Kriteria Sosok Calon Wali Kota Cirebon Idaman Versi Kang Yani

- 28 Mei 2024, 14:35 WIB
Pimpinan Ponpes Pemberdayaan Daarul Faa'iziin Kota Cirebon, K.H. Ahmad Yani.
Pimpinan Ponpes Pemberdayaan Daarul Faa'iziin Kota Cirebon, K.H. Ahmad Yani. /IST /

KABARCIREBON - Kota Cirebon akan segera memasuki tahapan pemilihan wali kota (Pilwalkot) pada bulan November 2024 mendatang. Pilwalkot Cirebon diharapkan melahirkan pemimpin yang menjadikan Kota Cirebon menjadi kota yang maju. 

Pimpinan Ponpes Pemberdayaan Daarul Faa'iziin Kota Cirebon, K.H. Ahmad Yani menyebutkan beberapa kriteria untuk sosok yang akan memimpin di Kota Wali ini.

Menurutnya, salah satu kriteria wali kota idaman yakni memiliki pribadi yang berintegritas dan berakhlak mulia. Menurutnya, kriteria ini harus dimiliki wali kota untuk memimpin Kota Cirebon. Selanjutnya, pria yang akrab disapa Kang Yani ini juga menilai wali kota harus memiliki jiwa yang visioner.

Baca Juga: DPC Sebut tak Ada Cerita PKB Jomblo, Selalu Ada Karomah di Akhir

"Visioner juga perlu, yakni memiliki visi, misi dan program yang jelas, serta program yang realistis," kata Kang Yani.

Selain itu, Kang Yani juga menilai, wali kota nanti harus memiliki jiwa dan pengalaman kepemimpinan yang mumpuni, amanah dan memiliki rekam jejak yang baik. Kang Yani mengajak masyarakat untuk melihat dan mencermati calon wali kota, dan melihat calon wali kota yang mempunyai rekam jejak yang baik. Selain itu, ia mengatakan wali kota yang terpilih nanti harus memiliki tingkat pendidikan yang memadai.

"Juga harus bisa memahami problematika yang sedang di hadapi masyarakat Kota Cirebon, memahami tata lelola dan birokrasi pemerintahan, serta memiliki jaringan yang luas, baik tingkat regional, nasional dan internasional," imbuhnya.(Iskandar)

Editor: Fanny Crisna Matahari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah