KAI Daop 3 Cirebon Layani 160.563 Penumpang Pada Masa Angkutan Lebaran 2024

- 22 April 2024, 14:56 WIB
Suasana di Stasiun Cirebon.
Suasana di Stasiun Cirebon. /IST /

KABARCIREBON - PT KAI Daop 3 Cirebon melayani 160.563 pelanggan kereta api selama 22 hari pelaksanaan angkutan Lebaran 2024, periode 31 Maret–21 April 2024. 

Jumlah tersebut meningkat 17 persen jika dibandingkan dengan periode angkutan Lebaran 2023 yaitu 136.298 pelanggan KA. Seluruh pelanggan tersebut dipastikan sudah terlayani dengan baik sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Manager Humas KAI Daop 3 Cirebon, Rokhmad Makin Zainul menyampaikan, puncak kedatangan pemudik pada masa angkutan Lebaran terjadi pada 8 April 2024 dengan jumlah pemudik 10.479 yang datang. Sementara itu puncak arus balik terjadi pada 14 April 2024, dengan jumlah penumpang sebanyak 12.087 pelanggan KA. 

Baca Juga: Sesosok Mayat Pria Ditemukan di Kota Cirebon, Korban Diduga Alami Ini

"Pada masa angkutan Lebaran tahun ini, Daop 3 Cirebon mengoperasikan 179 perjalanan KA dengan rincian KA reguler sebanyak 119 KA, KA tambahan Lebaran sebanyak 30 KA dan KA barang sebanyak 30 KA. Semua operasional perjalanan KA selama masa angkutan lebaran berjalan aman, lancar, tidak ada hambatan,” tambah Rokhmad.

Untuk mengakomodir tingginya minat masyarakat menggunakan kereta api, PT KAI Daop 3 Cirebon menjalankan KA tambahan Argo Cheribon Lebaran dari tanggal 31 Maret sampai dengan 21 April 2024.

Daop 3 Cirebon juga turut meningkatkan layanan pada masa angkutan Lebaran 2024 dengan mengelar layanan kesehatan pengobatan gratis dan hiburan live music accoustik bagi para pelanggan KA yang menunggu kedatangan dan keberangkatan di ruang tunggu Stasiun Cirebon.

Baca Juga: ASBWI dan CSS Sukses Gelar Fun Football Liga Yooscout x Piala Kartini

Rokhmad Makin Zainul mengucapkan terima kasih kepada semua stakeholder atau pihak yang telah terlibat mulai dari Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan, TNI, Polri, Pemerintah Daerah, komunitas pecinta KA IRPS Kordinator wilayah Cirebon, Komunitas Railfans Daop 3 wilayah Indramayu dan pihak-pihak lainnya yang telah mendukung kelancaran pelaksanaan Angkutan Lebaran tahun ini, juga berterima kasih kepada para pelanggan yang telah memilih kereta api sebagai moda transportasi selama masa Lebaran. 

Rokmad mengatakan, KAI berkomitmen untuk menjaga kepercayaan pelanggan dengan sebaik-baiknya. Sehingga, layanan KAI tetap menjadi pilihan masyarakat untuk angkutan Lebaran, Nataru, dan pada momen-momen lainnya. Dengan demikian dapat menjadikan kereta api sebagai transportasi yang berkelanjutan. 

Halaman:

Editor: Fanny Crisna Matahari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah