Pegawai Setda Kuningan Dituntut Kreatif dan Bekerja Sama dalam Tuntaskan Masalah

- 23 April 2024, 07:45 WIB
Sejumlah  pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Kuningan  mengikuti kegiatan Capacity Building agar selalu bekerja sama  untuk  menuntaskan masalah, berlangsung Bumi Perkemahan Palutungan Desa Cisantana.
Sejumlah pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Kuningan mengikuti kegiatan Capacity Building agar selalu bekerja sama untuk menuntaskan masalah, berlangsung Bumi Perkemahan Palutungan Desa Cisantana. /Emsul/KC/

KABARCIREBON - Sebanyak 230 pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Kuningan dituntut untuk lebih berkreatif, tetap semangat dan bergembira dalam mengikuti kegiatan capacity building agar selalu bekerja sama untuk menuntaskan masalah, berlangsung Bumi Perkemahan Palutungan Desa Cisantana, Sabtu 10 April 2024.

Bertajuk “I Can’t, but We Can” kegiatan ini merupakan upaya membangun pribadi yang proaktif, produktif, kreatif, percaya diri, tangguh, serta meningkatkan solidaritas antar pegawai. Capacity Building ini diisi berbagai kegiatan dan games team work mulai dari problem solving games, leadership & mindset games, focus & team strategi yang perlu dihadapi dengan kreatifitas dan kerjasama.

Sekretaris Daerah, H. Dian Rachmat Yanuar, menyebutkan bahwa kegiatan capacity building ini merupakan pertama kali dilakukan oleh Sekteraiat Daerah. Kegiatan seperti ini perlu di lakukan setiap tahun sebagai upaya mengoptimalkan kinerja aparatur dan simbol pentingnya bekerja sama dalam team. Diingatkan pula tentang Core values ASN yang perlu dipedomani oleh segenap aparatur.

Baca Juga: SDN Tundagan Kuningan Memprihatinkan, Sekda Minta Segera Mendapat Perbaikan

“Berangkat dari UU No 5 tahun 2014 tentang ASN, bahwa reformasi birokrasi harus dijadikan media untuk mengubah mindset kerja aparatur. Kita harus mengimplementasikan Core Values Berakhlak. Berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif. Adapun maksud dari tema I Cant, but we Cant, adalah bahwa setiap pekerjaan seberat apapun dapat kita selesaikan jika dikerjakan bersama-sama,” ujarnya.

Penjabat (Pj) Bupati Kuningan, H. Raden Iip Hidajat, berharap bahwa kegiatan ini akan semakin menguatkan suasana kebatinan bagi aparatur. Baik antar sesama rekan kerja ataupun dengan atasan. Hari ini akan banyak Fun Games yang melibatkan seluruh team untuk mengerjakan sebuah persoalan. Tentu di dalam team ada yang lemah dan kuat. Melalui upaya inilah kita perlu saling melengkap dan saling mengisi. tidak ada Superman, yang ada super team.

Selanjutnya Iip menyebutkan, bahwa Sekretariat Daerah merupakan lembaga yang meramu kebijakan dari lembaga-lembaga teknis Perangkat Daerah. Setda adalah filternya pimpinan daerah. “Kami berharap, pegawai Setda dapat menjadi cerminan bagi aparatur Pemerintah Daerah lainnya. Setda merupakan Filter sebelum akhirnya sebuah kebijakan dapat diimplementasikan. Pegawainya harus selalu berinovasi dan berkreasi untuk menjawab berbagai tantangan ke depan” ucap Iip.

Baca Juga: Gebyar Kolosal Angklung yang Dimainkan 10 Ribu Siswa dan Guru akan Gemparkan Hardiknas Kuningan

Selain diisi oleh berbagai macam Fun Games dan Games team work, Capacity Building Setda, juga diisi penyampaian materi Leadership Energy & Motivation Training (IESQ) oleh Asep Sopandi dan penyampaian materi etos kerja oleh Sekda Dian Rachmat Yanuar. (Emsul/KC) ***

Halaman:

Editor: Iyan Irwandi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah