Gebyar Kolosal Angklung yang Dimainkan 10 Ribu Siswa dan Guru akan Gemparkan Hardiknas Kuningan

- 22 April 2024, 08:31 WIB
Seni Angklung akan jadi muatan lokal (Mulok) pembelajaran setiap sekolah di Kabupaten Kuningan.
Seni Angklung akan jadi muatan lokal (Mulok) pembelajaran setiap sekolah di Kabupaten Kuningan. /Iyan Irwandi/KC/

KABARCIREBON - Pelaksanaan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardikas) tahun 2024 di bawah kepemimpinan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kuningan, Uu Kusmana dipastikan akan sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena dilengkapi rangkaian kegiatan yang bisa menggembarkan.

Di antaranya, Gebyar Kolosal Angklung dengan peserta mencapai 10 ribu orang yang terdiri dari para siswa dan guru dari berbagai tingkatan sekolah karena mereka sebelumnya telah dilatih oleh para instruktur yang berkompeten di bidangnya. Hal ini menyikapi keseriusan Kuningan sebagai Kabupaten Angklung.

"Gebyar Kolosal Angklung, tempatnya di Pandapa Paramarta sebagai rangkaian dari peringatan Hardiknas. Di dalamnya terdapat penampilan kolaborasi Angklung seperti Angklung & Kokol dari SMPN 2 Cibingbin, kolaborasi Angklung dengan musik modern dan sebagainya," ujar Kepala Disdikbud Kabupaten Kuningan, Uu Kusmana Senin 22 April 2024.

Baca Juga: Hanya 5 Orang yang Berani Bertarung Jadi Cabup di PDIP Kuningan, Berkasnya Diperiksa DPD Jabar

Sekretaris Disdikbud Kabupaten Kuningan merangkap Ketua Panitia Pelaksana Hardiknas tahun 2024, Rusmiadi menambahkan, bahwa rangkaian peringatan Hardiknas kali ini diawali dengan kegiatan lomba cerdas cermat tingkat sekolah dasar (SD) yang tecnical meeting (TM)-nya telah dilaksanakan tanggal 20 April di aula Disdikbud.

Sedangkan pelaksanaan kegiatannya tanggal 22-23 April di Gedung Perundingan Linggajati Desa Linggajati Kecamatan Cilimus yang merupakan tempat bersejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. Dan yang menjadi penanggungjawabnya kepala Seksi Kurikulum Bidang SD.

Tanggal 25 April, kegiatan Gebyar Kreativitas Anak Pendidikan Usia Dini (PAUD) yang ditangani langsung oleh Kepala Bidang PAUD & Pendidikan Masyarakat (Dikmas). Karena pesertanya sangat banyak, maka dipusatkan di GOR Ewangga kompleks Stadion Mas'ud Wisnu Saputra. Tanggal 26 Aprilnya dilanjut Workshop Guru PAUD.

Baca Juga: Gempar, Pensiunan Guru BK Meninggal ketika Menyanyikan Lagu Runtah di Acara Halal Bihalal SMAN 2 Kuningan

Cerdas Cermat tingkat SD akan mengawali rangkaian kegiatan peringatan Hardiknas Kabupaten Kuningan tahun 2024.
Cerdas Cermat tingkat SD akan mengawali rangkaian kegiatan peringatan Hardiknas Kabupaten Kuningan tahun 2024.

Halaman:

Editor: Iyan Irwandi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah