Mengenal Suara Anjing, Jangan Dekati Ketika Sedang Menggeram

- 10 Januari 2024, 10:54 WIB
Ilustrasi. Anjing peliharaan
Ilustrasi. Anjing peliharaan /Pixabay/shelma25/

KABARCIREBON - Anjing termasuk salah satu hewan peliharaan yang cukup unik. Karena, anjing memiliki kemampuan berkomunikasi yang cukup baik dengan manusia. Karenanya, anda harus bisa memahami makna suara anjing dan ekspresinya. Sehingga, anda akan paham apa yang sedang dialami anjing.

Namun, tahukah anda, ada suara anjing yang patut diwaspadai. Yakni saat menggeram. Karena, dia sedang dalam kondisi emosi yang tidak stabil. Anjing menggunakan bahasa tubuh dan vokalisasi untuk mengekspresikan keinginan, kebutuhan, amarah dan ketakutan mereka.

Namun, tak jarang pemilik anjing juga kerap kebingungan dalam memahami apa sebenarnya arti suara anjing.

Baca Juga: Ganjar Sebut Garda Samudra: Demi Kawal Kepentingan Nasional Di Laut

Beberapa anjing memiliki jangkauan vokalisasi yang lebih luas dari pada yang lain. Tak hanya menggonggong, mereka juga bisa menggunakan suara untuk mengekspresikan beragam arti.

Ada beberapa jenis suara anjing yang cukup umum seperti gonggongan, merengek, menggeram, melonglong, mendesah dan rintihan.

Anjing Merengek

Biasanya anjing merengek bila menginginkan sesuatu seperti makanan, main, atau perhatian. Seekor anjing yang merengek di pintu mungkin ingin keluar, dan anjing yang merengek sambil berbaring di samping tali pengikatnya, mungkin berharap diajak jalan-jalan.

Anjing Menggeram

Ketika anjing menggeram, berarti anda harus mundur. Anjing ingin anda berhenti menyentuhnya, karena ia bisa menggigit bila didekati.

Anjing Melonglong

Anjing melonglong pertanda ia ingin mencoba berkomunikasi dengan lingkungan sekitar.

Anjing Mendesah dan Mengerang

Suara anjing mendesah atau mengerang ini menunjukan kepuasan dan kekecewaan. Anak anjing merintih dan mengerang saat mereka berbaring untuk tidur siang, dan anjing dewasa menghela napas saat bersantai di pangkuan atau di tempat tidur.

Halaman:

Editor: Muhammad Alif Santosa

Sumber: berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah