Sebentar Lagi Acep Purnama Lengser tapi Belum Ada Hilal Sosok Pj Bupati Kuningan

- 19 Oktober 2023, 15:10 WIB
Ketua DPRD Kuningan, Nuzul Rachdy
Ketua DPRD Kuningan, Nuzul Rachdy /Iyan Irwandi/KC/

KABARCIREBON - Tepatnya tanggal 4 Desember 2023, Bupati Kuningan, H. Acep Purnama dan Wakil Bupati Kuningan, H.M. Ridho Suganda akan lengser dari jabatannya karena sudah genap 5 tahun memimpin Kabupaten Kuningan tetapi pelaksanaan pemilihan bupati (Pilbup) baru akan dihelat di tahun 2024 mendatang.

Maka dari itu, sudah dipastikan jabatan strategis orang nomor satu di kota kuda akan mengalami kekosongan tetapi hingga saat ini masih belum ada hilal atau tanda-tanda sosok Penjabat (Pj) Bupati Kuningan yang dipersiapkan untuk memimpin sementara Kabupaten Kuningan.

Hal itu dikarenakan pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kuningan sendiri belum mengajukan nama-nama calon Pj Bupati Kuningan padahal pasangan pemimpin daerah yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebentar lagi tidak akan menjabat.

Baca Juga: Waw, Ini Biaya yang Harus Dikeluarkan Peserta Lelang Jabatan Kuningan untuk Tes Kesehatan

"Belum mengusulkan karena kita masih menunggu surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)," ujar Ketua DPRD Kabupaten Kuningan, Nuzul Rachdy, Kamis 19 Oktober 2023.

Sedangkan kewenangan untuk pengajuan nama-nama pejabat yang memenuhi syarat sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan adalah adalah DPRD melalui ketua dewan tetapi dirinya sendiri tidak menjelaskan apakah penentuan nama-nama Pj Bupati Kuningan tersebut hasil kesepakatan seluruh pimpinan dewan atau bukan.

Sekretaris DPRD Kabupaten Kuningan, H. Deni Hamdani ketika dikonfirmasi proses pengajuan administrasi nama-nama Pj Bupati Kuningan melalui dewan, mengaku bahwa hal tersebut bukanlah ranahnya tetapi ia akan bertanya kepada staf karena masih baru menjabat beberapa bulan saja sebagai sekwan.

Baca Juga: Ogah Ikut Lelang Jabatan Eselon II di Kuningan, Diduga Calon Pemenangnya Sudah Dipersiapkan

Aktivis Forum Telaah Kebijakan dan Kinerja Daerah (F-Tekkad), Sujarwo mengatakan bahwa masyarakat masih menerka-nerka apa yang menjadi argument DPRD Kabupaten sehingga belum mengajukan nama kandidat Pj Bupati Kuningan ke Kemendagri .

Halaman:

Editor: Iyan Irwandi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah