Pendakian Gunung Ciremai Kabupaten Kuningan Kembali Dibuka, BMKG: Himbau Masyarakat Waspada

- 24 April 2024, 19:57 WIB
Gunung Ciremai.
Gunung Ciremai. /Ist/KC/

KABARCIREBON - Walaupun masih musim penghujan dengan curah yang tinggi pendakian ke Gunung Ciremai Kabupaten Kuningan telah dibuka kembali melalui dua jalur di wilayah Majalengka yakni jalur pendakian Apuy, Kecamatan Argapura serta jalur pendakian Trisakti Sadarehe.

Menurut keterangan Seksie Pemanfaatan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) Wilayah II Majalengka, Gandi Mulyawan, ada dua jalur 2 jalur pendakian dari wilayah Majalengka yang dibuka yakni JP Apuy, Desa Argamukti yang sudah dibukan sejak 11 April 2024 dan JP Trisakti Sadarehe, Desa Payung dibuka pada13 April 2024.

“Sejak dibuka sudah sangat banyak yang melakukan pendakian, ada ribuan yang mendaki melalui kedua jalur tersebut, kebanyakan melalui jalur Apuy dibanding Sadarehe,” ungkap Gandi.

Baca Juga: Pabrik Bicohar di Majalengka Ini Mampu Konversikan 30.000 Ton Agrikultur

Bagi yang akan melakukan pendakian, menurutnya harus terlebih dulu melalukan pendaftaran melalui BTNGC, ini untuk mengetahui identitas serta perlindungan bagi para pendaki.

Gandi menyatakan walaupun masih musim penghujan dengan curah hujan yang tinggi, pendakian terbilang aman dengan bekal fisik yang kuat, gunakan perlengkapan tahan air dan memperhatikan pengemasan agar perlengkapan yang seharusnya kering agar tetap kering.

Pendaki harus memiliki persiapan fisik maksimal dengan berolahraga dan mengecek kesehatan sebelum melakukan pendakian, diupayakan membawa perbekalan makanan selama pendakian + 1 hari atau sesuai jadwal yang dipersiapkan.

Baca Juga: Jelang Pilkada Majalengka, KPU Buka Pendaftaran Calon PPK Pilkada 2024. Catat Ini Syaratnya

Membawa peralatan keselamatan dan kotak P3K, kenakan pakaian yang tepat dan perhatikan pengemasan baju ganti agar tetap kering, membawa peralatan tambahan yang bisa membantu dalam pendakian

Jangan lupa nntisipasi potensi longsor, pohon tumbang dan banjir di jalur pendakian maupun tempat camp, persiapkan alat komunikasi baik itu peluit maupun radio komunikasi serta tim pendaki harus kompak/solid.

Halaman:

Editor: Epih Pahlapi

Sumber: liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah