IBI Indramayu Siap Bersinergi dengan Program Pemkab

- 19 Oktober 2023, 20:42 WIB
Bupati Hj Nina Agustina (tengah) usai pembagian bingkisan kepada para anak yatim dalam kegiatan puncak HUT IBI ke-72 di aula Gedung Nyi Endang Darma Indramayu, Kamis (18/10/2023).
Bupati Hj Nina Agustina (tengah) usai pembagian bingkisan kepada para anak yatim dalam kegiatan puncak HUT IBI ke-72 di aula Gedung Nyi Endang Darma Indramayu, Kamis (18/10/2023). /Ratno Kabar Cirebon /

KABARCIREBON - Ikatan Bidan Indonesia (IBI) memiliki peran penting dalam mewujudkan pelayanan kesehatan yang berkualitas, terutama dalam hal kehamilan, persalinan dan perawatan material. 

Hal itu diungkapkan Bupati Indramayu, Hj Nina Agustina ketika menghadiri puncak HUT IBI ke-72 di aula Gedung Nyi Endang Darma Indramayu, Kamis (18/10/2023).

Dikatakan Nina, para bidan merupakan pahlawan tanpa tanda jasa yang telah membantu ribuan keluarga di daerah dalam proses melahirkan dan merawat kesehatan ibu dan anak.

Baca Juga: KNPI Indramayu Apresiasi Putusan MK, Berharap Gibran Diberikan Ruang di Kancah Nasional

"Pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota IBI di Kabupaten Indramayu atas dedikasi dan pengabdian yang luar biasa, anda semua telah menjadikan setiap kelahiran sebagai momen yang membawa kebahagiaan, harapan dan kehidupan baru," katanya.

Menurutnya, Pemkab Indramayu berkomitmen untuk terus mendukung dan memfasilitasi peran penting yang dilaksanakan oleh para bidan dengan mensuport penuh dan bersinergi bersama organisasi IBI dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Indramayu.

"Indikator keberhasilan di suatu daerah ditentukan oleh indeks pembangunan manusia (IPM) dan bidang kesehatan, salah satu diantara tiga bidang yang menentukan nilai IPM kita. Indikator IPM bidang kesehatan ditentukan oleh umur harapan hidup, dan umur harapan hidup dipengaruhi oleh AKI, AKB dan angka kematian kasar," ujarnya.

Baca Juga: Polres Indramayu Lakukan Tes DNA terhadap 3 dari 4 Mayat Tanpa Kepala, Hasilnya Sangat Mengejutkan

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu, AKI di Indramayu tahun 2022 sejumlah 35 dan mengalami penurunan hingga September 2023 menjadi 11 kematian. 

"Saya atas nama pribadi Pemkab Indramayu mengucapkan selamat ulang tahun ke-72 untuk IBI, mudah-mudahan IBI semakin maju berkembang dan semakin profesional dalam memberikan yang terbaik kepada masyarakat maupun kepada para anggota," ucapnya.

Halaman:

Editor: Fanny Crisna Matahari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah