Kronologis Tabrakan Kereta Api di Bandung, KA 66 Turangga Vs KA Bandung Raya yang Sebabkan Masinis Tewas

- 5 Januari 2024, 13:11 WIB
Kabar terkini tabrakan kereta api Turangga dengan kereta api lokazl di Cicalengka, Kabupaten Bandung. Senamyak 3 orang, siantaranya masinis tewas
Kabar terkini tabrakan kereta api Turangga dengan kereta api lokazl di Cicalengka, Kabupaten Bandung. Senamyak 3 orang, siantaranya masinis tewas /Video warga/

KABARCIREBON - Inilah kronologis peristiwa tabrakan KA 350 Commuter Line Bandung Raya dengan KA 66 Turangga tepatnya di daerah Petak Cicalengka - Haurpugur, Jumat 5 Januari 2024 sekitar pukul 06.30 WIB yang mengakibatkan tiga orang tewas.

Tiga korban tewas yakni masinis dan asisten masinis KA Lokal Padalarang (Commuter Line) serta satu orang pramugara KA Turangga.

Tabrakan KA terjadi di lintas Cicalengka-Haurpugur KM 181+700 wilayah Kecamatan Cukuya, Cicalengka, Kabupaten Bandung.

Baca Juga: Wahyudi Laeli Caleg Muda PKB, Wujudkan Meritokrasi di Kabupaten Cirebon

Hingga saat ini, penyebab dari peristiwa tabrakan kereta api tersebut masih diselidiki. Tim kepolisian dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) tengah melakukan investigasi.

Petugas berupaya mengevakuasi para penumpang. Tampak, sejumlah alat berat juga dikerahkan untuk eveluasi gerbong kereta. Sementara para penumpang yang selamat memilih melanjutkan perjalanan dengan angkutan umum maupun jasa kendaraan online.

Informasi yang dihimpun Kabar Cirebon terkait kronologis terjadi tabrakan kereta, kedua kereta adu bagong di lintasan KM 181. KA Turangga jurusan Surabaya-Gubeng Bandung dengan nomor lokomotif CC 206 13 97 berangkat dari arah Cicalengka. Sedangkan KA Commuter Line Bandung Raya Nomor KA 250 meluncur dari Stasiun Haurpugur. Praktis, kedua kereta itu bertabrakan di lintas KM 181.

Baca Juga: Sungai Ciberes Meluap, Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon Tergenang Banjir

"Jadi, memang ini tabrakannya antara rangkaian KA Turangga yang jalan dari arah Cicalengka dengan KA Bandung Raya yang meluncur dari Haurpugur. Jadi, kedua kereta api itu tabrakannya di lintas di KM 181," ungkap VP Publik Relations PT KAI Joni Martinus.

Akibat kecelakaan tersebut rute perjalanan kereta api yang melalui jalur itu mengalami pengalihan rute. Yang semula melalui rute jalur selatan dari Bandung menuju Tasikmalaya, Bandar memutar melalui Bandung menuju Cikampek dan menuju Kroya.

Halaman:

Editor: Muhammad Alif Santosa

Sumber: berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah