GM Jabar Lakukan Inspeksi, Pastikan SPKLU Siap Layani Pemudik Lebaran 2024

- 9 April 2024, 13:47 WIB
General Manager PLN UID Jabar Susiana Mutia (kanan) didampingi Kepala Dinas ESDM Ai Saadiyah Dwidaningsih (dua dari kanan), Kepala Bidang Angkutan Darat Dinas Perhubungan Jawa Barat Agus Didik (dua dari kiri) dan pengelola Rest Area 149B Doddy (kiri) melakukan uji coba SPKLU melalui aplikasi Charge
General Manager PLN UID Jabar Susiana Mutia (kanan) didampingi Kepala Dinas ESDM Ai Saadiyah Dwidaningsih (dua dari kanan), Kepala Bidang Angkutan Darat Dinas Perhubungan Jawa Barat Agus Didik (dua dari kiri) dan pengelola Rest Area 149B Doddy (kiri) melakukan uji coba SPKLU melalui aplikasi Charge /Foto/Ist/KC/

KABARCIREBON  - PT PLN (Persero) siagakan 1.304 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik (SPKLU) yang tersebar di 879 lokasi  di seluruh daerah di Indonesia pada masa libur Idul Fitri 1445 Hijrah.

SPKLU ini disiagakan dalam memenuhi kebutuhan pengguna kendaraan listrik yang melakukan perjalanan mudik Lebaran 2024.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo memastikan pihaknya telah menyiapkan SPKLU di setiap rest area untuk memenuhi kebutuhan pengisian daya kendaraan listrik bagi para pemudik.

Baca Juga: Dampak One Way, Pasar Prapatan Majalengka Macet 1 Kilometer

“Pada mudik tahun sebelumnya, SPKLU masih terbatas, hanya terdapat pada rest area tertentu saja. Sekarang, setiap rest area di jalur mudik ada SPKLU yang siap melayani kebutuhan pemudik. Kami ingin pemudik yang menggunakan kendaraan listrik bisa melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman," kata Darmawan pada keterangannya kepada kabar-cirebon.com Selasa, 9 April 2024.

Khusus di Jawa Barat, sebanyak 205 unit SPKLU tersebar di 141 lokasi siap mendukung perjalanan mudik pengguna kendaraan listrik.

Untuk memastikan kesiapan SPKLU di wilayahnya, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jabar Susiana Mutia melakukan inspeksi langsung ke SPKLU yang berada di jalur mudik pada Sabtu (6/4).

Baca Juga: Modal 7.000, Nekat Mudik ke Semarang Bonceng Istri Hamil Tua, Bertemu Kang Dedi Mulyadi, Ini yang Terjadi

“Kami telah melakukan pengecekan dan memastikan SPKLU siap beroperasi melayani pemudik yang menggunakan kendaraan listrik," ucap Susiana.

Susiana menyampaikan bahwa beberapa hari sebelum masa mudik, pihaknya menambahkan 55 unit SPKLU, sehingga jumlahnya kini menjadi 205 unit SPKLU.

"Kami sudah melakukan percepatan pembangunan SPKLU untuk seluruh _rest area_ di Tol sepanjang wilayah Jawa Barat. Harapannya para pengguna kendaraan listrik tidak perlu merasa khawatir lagi pada saat mudik,” ungkap Susiana.

Baca Juga: Modal 7.000, Nekat Mudik ke Semarang Bonceng Istri Hamil Tua, Bertemu Kang Dedi Mulyadi, Ini yang Terjadi

Susiana merinci, PLN Jabar menyiapkan 79 SPKLU yang berada di 32 titik lokasi sepanjang jalur mudik, yakni 72 unit SPKLU di 26 titik Rest Area jalan tol di wilayah Jawa Barat serta 7 unit SPKLU di 6 titik lokasi jalur utama mudik non tol di wilayah Jawa Barat.

“Pengguna kendaraan listrik semakin meningkat, sehingga harapannya dengan ketersediaan 79 unit SPKLU di Rest Area ini dapat memudahkan pengguna," jelas Susiana.

Khusus momen mudik ini, PLN juga menyiagakan petugas yang berjaga 24 jam untuk membantu para pemudik yang menggunakan kendaraan listrik saat melakukan pengisian daya di SPKLU.

Baca Juga: Ini 5 Film Horor yang Siap Tayang pada Lebaran 2024, Nomor 3 Angkat Kisah-Kasus Pembunuhan 2 Sejoli di Cirebon

PLN juga terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Salah satunya diwujudkan dengan penambahan fitur pada Aplikasi PLN Mobile, sehingga masyarakat pengguna kendaraan listrik semakin nyaman dalam melakukan perjalanan jarak jauh.

“Bagi masyarakat yang ingin mudik menggunakan kendaraan listrik sekarang semakin nyaman. PLN sudah menyiapkan manajemen perjalanan mobil listrik dengan fitur Trip Planner di aplikasi PLN Mobile,” kata Susiana.

Lewat menu Trip Planner, pemudik bisa mengatur titik berangkat dan titik tujuan. Secara otomatis, PLN Mobile akan memberikan rekomendasi titik-titik SPKLU yang dilalui pada rute tersebut.

Halaman:

Editor: Epih Pahlapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah