Bebek & Entog Jadi Ketahanan Pangan Pemdes Curugwetan Kabupaten Cirebon

- 17 April 2024, 18:28 WIB
Kuwu Desa Curugwetan Kecamatan Susukanlebak Kabupaten Cirebon, Anang Muhari, di lokasi peternakan bebek dan entog sebagai realisasi program ketahanan pangan desa setempat, Rabu (17/4/2024)
Kuwu Desa Curugwetan Kecamatan Susukanlebak Kabupaten Cirebon, Anang Muhari, di lokasi peternakan bebek dan entog sebagai realisasi program ketahanan pangan desa setempat, Rabu (17/4/2024) /Foto/Supra/KC/

KABARCIREBON - Pemerintah Desa (Pemdes) Curugwetan Kecamatan Susukanlebak Kabupaten Cirebon, realisasikan program ketahanan pangan berupa peternakan bebek dan entog.

Kuwu Desa Curugwetan, Anang Muhari mengatakan, salah satu program pemerintah pusat berupa ketahanan pangan di desa tersebut, yakni berupa peternakan bebek dan entog. Hal ini bertujuan untuk menyejahterakan masyarakat.

"Setelah anggaran cair, langsung dialokasikan sesuai perencanaan," katanya, Rabu ,(17/4/2024).

Baca Juga: Futsal Series Region Cirebon Digelar, Satu Tiket ke Babak Berikutnya Diperebutkan 24 Tim

Pria yang biasa dipanggil Bacong ini menjelaskan, sebagai amanat Peraturan Presiden tentang Rincian APBN Tahun Anggaran 2022, salah satu prioritas penggunaan Dana Desa adalah untuk ketahanan pangan dengan besaran minimal sekitar 20 persen dari total pagu yang diterima Desa.

"Penggunaan Dana Desa untuk ketahanan pangan ini perlu dilakukan melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat, agar desa memiliki kemampuan yang cukup dalam memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri," jelasnya.

Masih dikatakan Bacong, upaya mewujudkan ketahanan pangan di desa tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan desa dan ketersediaan pangan yang beragam, bergizi seimbang dan berbasis potensi sumber daya lokal.

Baca Juga: Wujudkan Rasa Aman, Pemkab Cirebon dan Polresta Jalin Kolaborasi

"Konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang, dan berbasis pada potensi sumber daya lokal
Konsumsi pangan yang aman, higienis, bermutu," ujarnya.

Dirinya mengucapkan terima kasih pada seluruh pihak yang telah berperan aktif dalam membangun dan memajukan desa.

Halaman:

Editor: Epih Pahlapi

Sumber: liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah