Pantangan Imlek, Ini yang Wajib Diketahui Masyarakat Tionghoa

- 22 Januari 2023, 20:43 WIB
Ilustrasi perayaan Tahun Baru Imlek oleh masyarakat Tionghoa
Ilustrasi perayaan Tahun Baru Imlek oleh masyarakat Tionghoa /Pixabay/Nguyen Do

KABARCIREBON - Malam tahun baru imlek dikenal sebagai Chúxī (除夕) yang berarti "malam pergantian tahun". Ada pantangan imlek yang wajib diketahui masyarakat Tionghoa.

Menurut tokoh Tionghoa asal Cirebon, Jeremy Huang, ada sejumlah pantangan imlek yang harus diketahui.

Pantangan imlek pertama, di malam imlek tidak boleh bersih bersih rumah selama tujuh hari. Karena menurutnya, jika bersih-bersih rumah di malam Imlek sama dengan membuang rejeki.

Baca Juga: Tahun Baru Imlek, Yang Sudah Bekerja Wajib Beri Angpau, Jika Tidak Dia Bakal Kehilangan...

Tak hanya itu, pantangan imlek selanjutnya, ada beberapa jenis makanan yang dipercaya bisa membawa kesialan atau justru kematian. Karena ada makna filosofis yang dikandungnya.

Tidak boleh menyajikan makanan berupa bubur dan tahu. Tidak boleh menyajikan makanan dari unggas yang tidak utuh harus utuh. Tidak boleh menyajikan makanan berupa tahu putih.

"Makanan yang kaya protein nabati ini sebenarnya termasuk produk kuliner yang sangat sering dipakai dalam khazanah kuliner Tionghoa," kata Jeremy kepada Kabar Cirebon, Minggu, 22 Januari 2023.

Baca Juga: Tempat Nongkrong Hits di Tengah Kota Cirebon

Namun di saat Imlek, tahu harus dihindari karena warnanya. Dalam tradisi China, putih adalah warna yang melambangkan ketidakberuntungan. Pasalnya, warna ini dikaitkan dengan kematian.

Lalu pantangan imlek lainnya, di malam imlek tidak boleh berpakaian hitam harus berwarna merah atau kuning yang artinya kegembiraan dan kegemilangan.

Di malam Imlek tidak boleh ada kesedihan. Rambut tidak boleh dicuci pada Hari Tahun Baru Imlek.

Halaman:

Editor: Muhammad Alif Santosa

Sumber: liputan


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x