Hadapi Pilkada 2024, KPU Kabupaten Cirebon Buka Rekrutmen untuk Ribuan Badan Adhoc

- 18 April 2024, 14:46 WIB
Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Esya Kurnia Puspawati
Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Esya Kurnia Puspawati /Kabar Cirebon/Foto Ismail/

KABARCIREBON - Antusiasme dalam persiapan Pilkada 2024 semakin terasa dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon bersiap membuka pendaftaran untuk membentuk badan Adhoc.

Kebutuhan badan Adhoc di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) mencapai 200 anggota, sementara untuk tingkat Panitia Pemilihan Suara (PPS) dibutuhkan sebanyak 1.272 anggota dari 424 desa/kelurahan se-Kabupaten Cirebon.

Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Esya Kurnia Puspawati menjelaskan, rekrutmen terbuka ini dilandaskan pada SK KPU nomor 476 tahun 2024 tentang prosedur pembentukan panitia pemilihan kecamatan dan panitia pemungutan suara dalam Pilkada serentak tahun 2024. Proses rekrutmen akan dimulai pada 23 April 2024.

Baca Juga: Nama-nama Mulai Bermunculan di Pilkada Kota Cirebon, Termasuk Sosok Muda Ini

"Proses seleksi terbuka untuk PPK dan PPS akan dimulai pada 23 April mendatang, dimulai dari tahap sosialisasi hingga penerimaan berkas. Calon anggota badan Adhoc akan mengikuti seleksi tertulis," ujar Esya, Kamis 18 April 2024.

Esya menegaskan, mantan anggota PPK pada Pemilu 2024 juga dapat mengikuti seleksi terbuka ini, namun dengan syarat akan ada rekomendasi dari pimpinan KPU yang akan mempengaruhi kelancaran proses seleksi.

"Rekomendasi dari pimpinan KPU akan menjadi pertimbangan utama. Kelancaran proses seleksi akan ditentukan oleh rekomendasi tersebut," jelasnya.

Baca Juga: DPRD Kabupaten Cirebon Optimistis Revisi Perda RTRW Selesai Tahun Ini

Mengenai masa kerja anggota badan Adhoc Pilkada, Esya menyebutkan bahwa masa kerja tersebut berlangsung selama sekitar 8 bulan, dimulai dari pelantikan hingga selesai pelaksanaan Pilkada.

"Proses ini akan dimulai pada Mei 2024 dan berakhir pada Januari 2025. Pelantikan anggota badan Adhoc PPK akan dilakukan pada 16 Mei 2024, sementara untuk anggota PPS akan dilaksanakan pada 26 Mei 2024," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Muhammad Alif Santosa

Sumber: liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah