1.300 Angggota Pramuka Penggalang dan Penegak Ikuti Gebyar Pramuka Universitas Kuningan

- 20 Juni 2024, 06:00 WIB
Sekda Kuningan H Dian Rachmat Yanuar (kiri) berbincang-bincang dengan dua peserta pramuka dalam acara pembukaan  Lomba Gebyar Pramuka X Universitas Kuningan (Unika) se-Wilayah Cirebon berlangsung di Kampus Satu Uniku.
Sekda Kuningan H Dian Rachmat Yanuar (kiri) berbincang-bincang dengan dua peserta pramuka dalam acara pembukaan Lomba Gebyar Pramuka X Universitas Kuningan (Unika) se-Wilayah Cirebon berlangsung di Kampus Satu Uniku. /Emsul/KC/

KABARCIREBON - Sebanyak 1.300 anggota Pramuka Penggalang dan Penegak tingkat SLTP dan SMA sederajat se-Wilayah Cirebon mengikuti Lomba Gebyar Pramuka X Universitas Kuningan (Uniku) selama dua hari, Rabu 19 Juni 2024.

Lomba Gebyar Pramuka X Universitas Kuningan ini dengan tajuk Satu Dasawarsa merayakan kreativitas dan revitalisasi nilai kepramukaan guna mengaktualisasikan jiwa praja muda yang berkemajuan. Kegiatan yang cukup bergengsi itu, dibuka Sekda Kabupaten Kuningan, H. Dian Rachmat Yanuar, ditandai dengan pemukulan Goong.

Dalam kiesempatan tersebut hadir Kwarcab Kuningan, Kak Rana Suparman, Kwaran Kuningan Arif Rosidin, Pembina Pramuka Racana UNIKU, serta Pembina Gugus Depan se-Wilayah III Cirebon.

Baca Juga: Pemuda Pancasila Siap Berjuang Hantarkan Dian Rachmat Yanuar ke Singgasana Bupati Kuningan

Dalam hal ini, Kak Dian berharap, melalui kegiatan ini anggota pramuka mampu mengaktualisasikan prestasi, kreativitas dan membentuk generasi muda yang tanggap, agar sanggup menghadapi tantangan yang semakin maju dan tingkatkan hubungan baik antar sesama anggota pramuka.

“Melalui kegiatan ini selurus peserta yang meliputi Wilayah Cirebon akan saling mengenal serta menambah wawasan dalam pelaksanaan lomba tersebut. Bagi anggota Pramuka harus menjadi insan yang memiliki tenggang rasa, kepedulian sosial dan tertanam peduli terhadap lingkungan.

Oleh karena itu, mari bersama sama meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan, karena lingkungan bukan warisan melainkan titipan yang harus dikembalikan dengan menjaga dan melestarikannya,” ajak H Dian.

Baca Juga: Ada Apa, Pemuda Cipakeum Maleber Diringkus Polres Kuningan di Salah Satu Hotel di Jakarta?

Ketua pelaksana Gebyar Pramuka X UNIKU, Kak Syamsul Maarif, menyebutkan kegiatan berlangsung selama 2 hari ini diikuti sebanyak 1.300 terdiri dari 16 pangkalan penggalang dan 32 pangkalan penegak. Dalam perkembangannya selalu ada peningkatan tiap tahun dan mudah-mudahan kegiatan tersebut tetap berlajut.

“Adapun perlombaan pada gebyar pramuka diantaranya Gladi Tangguh, Pentas Seni, Ranking 1 Pionering, Sosial Media, dan Pangkalan Tergiat,” ujar Syamsul. Sementara, sejumlah peserta mengungkapkan hal yang sama atas terselenggaranya kegiatan seperti ini.

Selain untuk mempererat tali silaturahmi sesama anggota pramuka, juga banyak mendapat pengetahuan selama kegoatan lomba bersalngsung. Meraka bisa saling berbagi dalam ilmu kepramukaan sehingga menambah wawasan dan pengalaman yang dapat memberikan mamfaat peserta itu sendiri. (Emsul/KC) ***

Editor: Iyan Irwandi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah