Mengenal Sosok Gus Abe, Figur Muda Kandidat Cabup Cirebon dari PKB yang Kuliah di Jerman

- 16 April 2024, 11:02 WIB
Sosok Gus Abe yang memiliki nama lengkap Muhammad Abdullah.*
Sosok Gus Abe yang memiliki nama lengkap Muhammad Abdullah.* /KAbar Cirebon/Foto Ismail Kabar Cirebon/

KABARCIREBON - Nama Gus Abe menjadi buah bibir di internal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Gus Abe memiliki nama lengkap Muhammad Abdullah Syukri.

Gus Abe merupakan salah satu figur muda yang potensial sebagai kandidat bakal calon bupati (cabup) Cirebon. Gus Abe, menjadi buah bibir di DPP dan DPW PKB Jawa Barat.

Gus Abe dinilai menjadi sosok yang tepat untuk diusung sebagai Cabup Cirebon dari PKB pada Pilkada 2024 ini.

Baca Juga: Mantan Ketua KPU Hingga Bos Ikan Ambil Formulir Pendaftaran Cabup Cirebon dari PDIP, Bupati Imron: Saya Pasrah

Menurut informasi dari orang terdekatnya, Alvayn Zaen, Gus Abe telah dipertimbangkan dengan serius karena dinilai mampu menyatukan kekuatan antara DPC PKB dan PCNU di Kabupaten Cirebon, dua kekuatan yang sebelumnya seringkali berseberangan dalam kontestasi politik.

"Saat ini, ada potensi besar untuk kerja sama yang solid. Gus Abe memiliki hubungan dekat dengan Abdul Muhaimin Iskandar, Ketua Umum DPP PKB, dan Syaiful Huda, Ketua DPW PKB Jawa Barat," ujar Alvayn Zaen, Selasa, 16 April 2024.

Gus Abe, putra dari KH Hasanuddin Kriyani dan menantu dari KH Wawan Arwani Amin Siroj ini, dianggap memiliki akar kuat dalam jaringan pesantren di Cirebon Timur dan Cirebon Barat. Sehingga, bisa menjadi landasan konsolidasi jaringan yang kuat pula di kalangan ulama dan santri.

Baca Juga: Dampak Jalan Rusak Bagi Sepeda Motor, Ban Benjol Hingga Komstir Aus

Selain itu, fenomena kepemimpinan dari kalangan anak muda seperti yang terlihat pada beberapa bupati muda sukses belakangan ini, seperti Bupati Kendal Dico M Ganinduto dan Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka, menunjukkan bahwa Gus Abe, yang kini berusia 32 tahun, memiliki potensi yang tidak dapat diabaikan.

"Gus Abe bukan hanya memiliki rekam jejak yang bersih dalam politik lokal, tetapi juga telah mengukir prestasi internasional sebagai salah satu perwakilan Indonesia pada G20 tahun 2022 lalu," ungkap Alvayn Zaen.

Halaman:

Editor: Muhammad Alif Santosa

Sumber: liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah