Areal Sawah di 6 Kecamatan Kabupaten Majalengka Sudah Bisa 4 Kali Tanam Padi Dalam Setahun

- 17 April 2024, 15:37 WIB
Petani di Desa Jatitujuh, Kecamatan jatitujuh, Kabupaten Majalengka tengah memanen padi dengan mesin padi combine. Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Majalengka sarankan petani untuk melakukan tiga tanam padi mulai tahun 2024.*
Petani di Desa Jatitujuh, Kecamatan jatitujuh, Kabupaten Majalengka tengah memanen padi dengan mesin padi combine. Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Majalengka sarankan petani untuk melakukan tiga tanam padi mulai tahun 2024.* /Kabar Cirebon/Foto Tati Purwati/

KABARCIREBON - Areal sawah di Kabupaten Majalengka, ternyata sudah bisa 4 kali menanam padi. Untuk beberapa daerah, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Majalengka sarankan minimal petani lakukan tiga kali tanam padi mulai tahun 2024 ini.

Tujuannya, untuk menopang ketahanan pangan dan ketersediaan beras sebangai cadangan pangan musim kemarau.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Majalengka Iman Firmansyah bahkan menyebutkan ada beberapa daerah yang bisa melakukan empat kali tanam.

Baca Juga: Mengenal Tradisi Grebeg Syawal, Ribuan Warga Padati Kompleks Pemakaman Sunan Gunung Jati Cirebon

Beberapa wilayah itu yakni di Kecamatan Cikijing, Talaga dan Maja serta Rajagaluh, Leuwimunding serta Sindangwangi. Areal pertanian di sana bisa dilakukan empat kali tanam padi dengan varietas yang usia tanamnya lebih pendek sekitar 100 hari.

Empat kali tanam dalam setahun karena di wilayah – wilayah tersebut ketersediaan air mencukupi, hampir sebagian besar lahan pertanian menggunakan pengairan teknis dan air selalu tersedia dari sumber mata air.

“Untuk Cikijing biasanya tiga kali tanam, sebagian areal setelah padi keempat kalinya dengan bawang merah, sekarang sedang diusahakan bisa empat kali tanam. Dan bulan ini sudah mulai tanam untuk MT II,” ungkap Iman.

Baca Juga: Perintah Kiai NU Menentukan Sosok yang Satu Ini Maju di Pilbup Cirebon 2024

Untuk wilayah Jatiwangi, menurut Iman, yang biasa hanya dua kali musim tanam mulai tahun ini akan diupayakan bisa tiga kali tanam. Demikian juga sebagian wilayah Majalengka dan Panyingkiran.

Sebagai langkah antisipasi majunya musim kemarau, menurut Iman, untuk pengairan areal sawah pihaknya telah menyediakan pompa air yang sebagian di antaranya telah disitribusikan kepada para petani pada akhir tahun lalu.

Halaman:

Editor: Muhammad Alif Santosa

Sumber: liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah