Begitu Mudah-Nyamannya, Pelanggan Home Charging Kendaraan Listrik di Jawa Barat Melonjak hingga 173,17%

- 26 Januari 2024, 16:09 WIB
Home Charging
Home Charging /

KABARCIREBON - Sepanjang 2023, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Barat (Jabar) mencatat performa positif untuk realisasi layanan Home Charging pelanggan di Jabar.

Sampai dengan Desember 2023, jumlah pelanggan yang memanfaatkan layanan ini mencapai 548 pelanggan, atau mengalami kenaikan 173,17% dari total 205 pelanggan pada tahun 2022.

General Manager PLN UID Jabar, Susiana Mutia menyampaikan, pejgguna kendaraan listrik sebagian besar telah melakukan pengisian daya kendaraan listriknya di rumah.

Baca Juga: Pengisian Posisi Dewas PAM Tirta Kamuning Kuningan Harus Seleksi tapi Ada Pejabat yang Tidak Boleh Ikutan

Menurutnya, pelayanan Home Charging yang pengisiannya sangat mudah dan nyaman ini semakin mempercepat pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik berbasis baterai.

"Ini sangat mudah. Pengguna Home Charging dapat menyeting waktu pengisiannya pada malam hari dan bila penuh akan langsung berhenti,"

"Dan ini juha sangat nyaman karena sembari mengisi kendaraan, pemiliknya dapat beraktivitas lainny atau tidur, yang keesokan paginnya baterai sudah terisi full dan mobil siap dikendarai. Tidak perlu antri ke SPKLU," papar Susiana dalam keterangannya diterima kabarcirebon.com Jumat, 26 Januarin 2024.

Baca Juga: Ini 20 Alamat Kedai Soto Langganan Warga Kota Tarakan, Silakan Coba Soto Pak Lukman dan Soto Haji Ridho

Lebih lanjuta Susiana merinci, 5 wilayah dengan jumlah pelanggan Home Charging PLN terbanyak yaitu PLN UP3 Bandung, PLN UP3 Gunung Putri, PLN UP3 Bogor, PLN UP3 Bekasi, dan PLN UP3 Depok.

Susiana juga menjelaskan, dengan menggunakan layanan home charging, pemilik kendaraan listrik dapat mengatur pengeluaran biaya transportasi dengan melihat history pengisian daya kendaraan listriknya di Electric Vehicle Digital Services (EVDS) PLN Mobile.

Perhitungan pengisian listrik melalui home charging jelas karena instalasi listrik antara home charging dengan rumah berbeda. 

Baca Juga: Ini 20 Alamat Kedai Soto yang Murmer di Kota Pekanbaru, Silakan Coba Soto Inyiak Sanang dan Soto Ranjau

Tariff listriknya juga murah karena menggunakan tariff rumah tangga dan bahkan  ada diskon tarif sebesar 30% untuk pengisian daya mobil listrik pada pukul 22.00-05.00.

Berikut cara pengisian baterai kendaraan listrik melalui Home Charging:

1. Buka Aplikasi PLN Mobile
2. Klik menu “Electric Vehicle”,
3. Di halaman EVDS, klik menu “Home Charging”

Baca Juga: Pemuda Petani Asal Cirebon Ini Ungkap Penyebab Harga Beras Mahal, dari Paceklik Hingga El Nino

4. Klik menu “Mulai Isi”
5. Akan muncul pop-up yang memberitahukan user untuk memastikan konektor sudah terhubung ke kendaraan listrik, klik “Lanjutkan”

6.Proses pengisian berjalan, menampilkan jumlah kWh yang sudah terisi ke kendaraan listrik

Halaman:

Editor: Epih Pahlapi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x